Jumat, 10 Februari 2012

apa itu LAN(local area network)

Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer di daerah terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer atau bangunan kantor [1]. Karakteristik mendefinisikan LAN, berbeda dengan jaringan area luas (WAN), termasuk mereka biasanya lebih tinggi transfer data tarif, wilayah geografis yang lebih kecil, dan kurangnya kebutuhan untuk saluran telekomunikasi disewakan.
ARCnet, Token Ring dan standar teknologi lainnya telah digunakan di masa lalu, namun Ethernet lebih dari kabel twisted pair, dan Wi-Fi adalah dua teknologi yang paling umum saat ini digunakan untuk membangun LAN.
Sejarah
Meningkatnya permintaan dan penggunaan komputer di universitas-universitas dan laboratorium penelitian di akhir 1960-an yang dihasilkan kebutuhan untuk memberikan kecepatan tinggi interkoneksi antara sistem komputer. Sebuah laporan 1970 dari Laboratorium Lawrence Radiation merinci pertumbuhan jaringan mereka “Octopus”  memberikan indikasi yang baik dari situasi.
Cambridge ring dikembangkan di Universitas Cambridge pada tahun 1974  tetapi tidak pernah dikembangkan menjadi produk komersial yang sukses.
Ethernet dikembangkan di Xerox PARC pada 1973-1975,  dan diajukan sebagai US Patent 4.063.220. Pada tahun 1976, setelah sistem ditempatkan di PARC, Metcalfe dan Boggs menerbitkan kertas mani, “Ethernet:. Distributed Packet-Switching Untuk Jaringan Komputer Lokal”
ARCnet dikembangkan oleh Datapoint Corporation di tahun 1976 dan diumumkan pada tahun 1977. Hal itu instalasi komersial pertama di bulan Desember 1977 di Chase Manhattan Bank di New York.
 Standar evolusi
Pengembangan dan proliferasi komputer pribadi dengan menggunakan sistem operasi CP / M pada akhir tahun 1970an, dan kemudian sistem berbasis DOS dimulai pada tahun 1981, berarti bahwa banyak situs yang tumbuh ke puluhan atau bahkan ratusan komputer. Kekuatan pendorong awal untuk jaringan pada umumnya untuk berbagi penyimpanan dan printer, yang keduanya mahal pada waktu itu. Ada banyak antusiasme untuk konsep dan selama beberapa tahun, dari sekitar 1983 dan seterusnya, pakar industri komputer secara teratur akan mendeklarasikan tahun mendatang untuk menjadi “tahun LAN” .
Dalam prakteknya, konsep itu dirusak oleh proliferasi lapisan fisik tidak kompatibel dan implementasi protokol jaringan, dan kebanyakan metode berbagi sumber daya. Biasanya, masing-masing vendor akan memiliki sendiri jenis kartu jaringan, kabel, protokol, dan sistem operasi jaringan. Sebuah solusi muncul dengan munculnya Novell NetWare yang memberikan dukungan bahkan tangan untuk puluhan bersaing kartu / kabel jenis, dan sistem operasi yang jauh lebih canggih daripada kebanyakan pesaingnya. Netware didominasi LAN bisnis komputer pribadi dari awal setelah diperkenalkan pada tahun 1983 sampai pertengahan tahun 1990 ketika Microsoft memperkenalkan Windows NT Advanced Server dan Windows for Workgroups.
Dari pesaing untuk NetWare, hanya Banyan Vines memiliki kekuatan teknis yang sebanding, namun Banyan belum pernah memperoleh basis yang aman. Microsoft dan 3Com bekerja sama untuk menciptakan sebuah sistem operasi jaringan sederhana yang membentuk dasar 3 Share + 3Com itu, Microsoft LAN Manager dan IBM LAN Server – namun tidak satupun dari mereka sangat sukses.
Selama periode yang sama, workstation komputer Unix dari vendor seperti Sun Microsystems, Hewlett-Packard, Silicon Graphics, Intergraph, NeXT dan Apollo menggunakan TCP / IP berbasis jaringan. Meskipun segmen pasar ini sekarang jauh berkurang, teknologi yang dikembangkan di daerah ini terus berpengaruh di Internet dan di kedua Linux dan Apple Mac OS X dan jaringan-protokol TCP / IP saat ini telah hampir sepenuhnya digantikan IPX, AppleTalk, NBF, dan protokol lain yang digunakan oleh PC LAN awal.
Kabel
Awal LAN kabel selalu didasarkan pada berbagai kelas kabel koaksial. Twisted pair Namun terlindung digunakan dalam implementasi Token Ring IBM, dan pada tahun 1984 StarLAN menunjukkan potensi twisted pair sederhana pair dengan menggunakan Cat3-kabel sederhana yang sama digunakan untuk sistem telepon. Hal ini menyebabkan perkembangan 10Base-T (dan penerusnya) dan pemasangan kabel terstruktur yang masih dasar LAN paling komersial saat ini. Selain itu, serat optik kabel adalah semakin digunakan dalam aplikasi komersial.
Karena kabel ini tidak selalu mungkin, nirkabel Wi-Fi sekarang teknologi yang paling umum di tempat tinggal, karena kabel yang dibutuhkan adalah minimal dan sangat cocok untuk laptop mobile dan smartphone.
Aspek teknis
Topologi jaringan menggambarkan pola tata letak interkoneksi antara perangkat dan segmen jaringan. Switched Ethernet telah selama beberapa waktu Data Link Layer yang paling umum dan pelaksanaan Physical Layer untuk jaringan area lokal. Pada lapisan yang lebih tinggi, Internet Protocol (TCP / IP) telah menjadi standar. LAN kecil umumnya terdiri dari satu atau lebih switch dihubungkan satu sama lain, sering setidaknya satu terhubung ke modem router, modem kabel, atau ADSL untuk akses internet.
LAN yang lebih besar ditandai dengan penggunaan link berlebihan dengan switch menggunakan protokol spanning tree untuk mencegah loop, kemampuan mereka untuk mengelola berbeda jenis lalu lintas melalui kualitas layanan (QoS), dan untuk memisahkan lalu lintas dengan VLAN. LAN yang lebih besar juga mengandung berbagai perangkat jaringan seperti switch, firewall, router, beban balancers, dan sensor.
Mungkin memiliki sambungan LAN dengan LAN lain melalui leased line, layanan sewa, atau tunneling di Internet menggunakan teknologi jaringan virtual pribadi. Tergantung pada bagaimana koneksi didirikan dan diamankan di LAN, dan jarak yang terlibat, LAN juga dapat diklasifikasikan sebagai jaringan area metropolitan (MAN) atau jaringan area luas (WAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar